Sunday, January 22, 2012

Sang GARENG...

Nge ngreeeng…… Nge ngreeeng…… Nge ngreeeng……
Itulah bunyi binatang yang bernama ‘gareng’. Sejenis serangga yang hanya dapat kita jumpai saat kemarau telah tiba. Siang tadi saat aku ngaso luar pabrik, kudengan suaranya begitu nyaring seolah-olah ingin mengatakan “cak, hawane puanaaaas tenan yooo…. Ntenono ketigo iki sampek aku ora muni maneh’ (cak, hawanya panas sekali ya, tunggu musim panas ini berlalu jika kami sudah tidak berbunyi lagi ). Begitulah gareng, mereka ada hanya pada saat musim kemarau saja, dan saya memang tidak pernah mendengan suara gareng di bulan – bulan Desember, Januari bahkan sampai Mei.

Begitu konsistennya mereka. Mereka hadir hanya saat tertentu saja. Bahkan sebagian masyarakat sekitar tempat tinggal saya selalu menggunakan gareng sebagai pertanda datangnya kemarau, yang berarti saatnya membangun rumah, membongkar lumbung padi ( ndudah gabah ), memperbaiki pematang sawah ( mopok galengan ), serta banyak kegiatan lainya.

Ada satu hal yang dapat saya petik hikmahnya dari sang gareng ini. Mereka konsisten…!!! Tahu kapan saatnya datang dan pergi, mereka sabar dan ikhlas menerima sunatulloh. Tidak ngeyel minta diundur keluar di bulan desember biar bisa ikut tahun baru-an, atau sekalian minta sepanjang tahun ada, agar menjadi saksi sebuah sejarah peradaban. Kalau bahasanya ‘nrimo ing pandum’.

Ah,… sabar itu memng indah jika dilihat, tapi begitu beraaat untuk di emban.
Kadang aku sering ngeyel, terutama kepada ‘sang pemilik hidup’. Kok aku begini sih..!! kok begitu seeeh…!!! Lha kapan, terus gimana? Dan sebagainya- dan sebagainya. Padahal semua memang ada waktunya dan ada saatnya. Kadang memang aku sendiri yang sering ngeyel gak sabaran, gampang kagetan, serta mudah kepleset dengan keputus asa-an.

Ah… gareng…. Semoga aku mampu menjadi sabar da konsisten dengan kehadiranku ( tujuan – tujuan selama ini ).

Si gareng ku photo, cklik…. Eh diam sajaa……katanya “silahkan cak, aku eksyen…!!!”
hwuasemm si gareng narsis….. setelah puas berfoto-foto akhirnya dia terbang sambil mengucap “terima kasih cak..!!! atas potonya. Jangan lupa yang sabar yaaa!!!”
“he eh….”jawabku. “doain yaaa….!!”
“beres…” balas si gareng sambil terbang semakin jauh. Akhirnya pelajaran hari ini berakhir sudah, dengan materi ‘sabar’ dari sang tutor ‘Gareng’.

Formosa, 09-07-2010
Bholor.
Di sebelah Pabrik

No comments:

Post a Comment